Menjaga Keseimbangan Alam dan Satwa Liar TPL – BKSDA Kerjasama Okupansi Harimau Sumatera

TPL BANTU MASYARAKAT DESA SIHAPORAS TINGKATKAN KAPASITAS EMBUNG AIR
22 November, 2019
Show all

Tim PT.TPL didampingi oleh BBKSDA Sumatera Utara

Kondisi alam dan keseimbangan ekosistem menjadi penentu keberlangsungan bagi seluruh mahluk hidup yang ada di bumi. Melakukan pelestarian dan ekosistem hutan serta satwa liar memberi pengaruh positif terhadap keberlangsungan kehidupan. Baik secara pribadi, kelompok, maupun lembaga pemerintah dan swasta, memiliki tanggung jawab bersama dalam pelestarian lingkungan hutan dan satwa.

Belum lama ini PT. Toba Pulp Lestari,Tbk (TPL) bekerjasama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, dalam melaksanakan kegiatan Pelatihan Survei Okupansi Harimau Sumatera. Upya ini dinilai sangat penting dilakukan mengingat Harimau Sumatera adalah satwa liar dilindungi negara dan hampir punah.

Kedua belah pihak sepakat pelatihan dilaksanakan di Base Camp TPL Estate Aek Nauli selama 2 hari (22 – 23 November 2019), sekaligus melakukan survei okupansi diwilayah Hutan Tanaman Industri (HTI) perusahaan selama satu pekan.

Kepala BBKSDA Sumatera Utara Hotmauli Sianturi mengatakan, kegiatan melalui survei okupansi harimau sumatera ini bertujuan untuk mendapatkan data terkini, sebaran Harimau Sumatera dan kondisi habitatnya di Sumatera Utara. Dan menjadi dasar intervensi pelestarian Harimau Sumatera di alam.

Menurutnya pemilihan lokasi survei didasarkan dengan pertimbangan sejarah konflik antara manusia dan Harimau Sumatera. Untuk di Kabupaten Simalungun keberadaan populasi Harimau Sumatera ditemukan pada bulan Juli 2017 yang lalu. Seekor Harimau Sumatera dewasa terjerat perangkap babi hutan, di areal perkebunan masyarakat Parmonangan Kabupaten Simalungun yang berbatasan dengan wilayah konsesi TPL.

Saat ini dibutuhkan komitmen besar baik bagi perusahaan swasta dan pemerintah, dalam menjaga merawat dan melestarikan lingkungan khususnya meningkatkan populasi Harimau Sumatera. Senior Manager Departemen Enviromental Health Safety & Fire Protection TPL Ir. Mangasi Sianipar, mengatakan sejak dulu perusahaan memiliki komitmen untuk melaksanakan konservasi ekosistem.

TPL yang merupakan perusahaan dengan memanfaatkan HTI berkomitmen melindungi alam sekitar, keanekaragaman hayati serta menjaga keberlangsungan kehidupan flora dan fauna yang dilindungi, di areal konsesi TPL. (*)