PT TPL SERAHKAN BANTUAN PIPANISASI Untuk Air Bersih dan Irigasi Sawah Kecamatan PARLILITAN

Toba Pulp Lestari, Tbk. Perbaiki Saluran Irigasi Dusun Siduambilik
22 February, 2018
Show all

Parlilitan, 30 April 2018 – Sebanyak 200 batang pipa PVC diserahkan PT. Toba Pulp Lestari, Tbk. (TPL) kepada masyarakat desa Simataniari, kecamatan Parlilitan, kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), baru-baru ini. Bantuan ini ditujukan untuk membantu masyarakat dalam membuat pipanisasi untuk akses air bersih rumah tanggan dan irigasi sawah yang ada di desa Simataniari.

“Sumber air dari mata air di Dolok Mataniari selama ini menggunakan pipa namun pipa tersebut rusak sehingga air tidak sampai ke desa sehingga sudah beberapa hari masyarakat mengalami kesulitan mendapatkan air bersih,“ ujar Bukti Munthe, salah seorang tokoh masyarakat dari desa Simataniari.

Air yang berasal dari mata air ini, selama ini mampu mengairi air hingga sampai desa Simataniari yang berjarak hampir 7 (tujuh) kilometer (KM) dari sumber air, namun dalam beberapa hari terakhir dikarenakan pecahnya pipa, air bahkan tidak mampu mencapai daerah yang berjarak 900 meter dari mata air. Akibat dari terkendalanya pengarian air ini, sekitar 250 kk (kepala keluarga) tidak dapat memanfaatkan air untuk keperluan rumah tangga dan persawahan mereka.

Wanson Munthe salah seorang mayarakat mengatakan “Bantuan TPL ini sangat berarti buat kami, kami masyarakat yang rata rata bekerja seperti petani sangat membutuhkan air saat ini untuk sawah kami. Terima kasih kepada PT TPL yang peduli kepada kami masyarakat kecil ini,” ujar Wanson Munthe.

Makmur Simamora, Manager Senior PT TPL estate Tele, yang menyerahkan bantuan ini mengatakan, “Air merupakan kebutuhan yang penting bagi masyarakat, perusahaan menyadari akan hal itu dan segera merealisasikan kebutuhan masyarakat di desa Simataniari ini. Kita mengharapakan agar pipa yang kita berikan ini dimanfaatkan dan dirawat dengan dengan baik oleh masyarakat.“

Jamintar Munthe, Kepala Desa Simataniari, mengapresiasi yang tinggi atas bantuan pipa PVC 6 (enam) meter sebanyak 334 batang beserta soket pipa 334 buah yang diberikan TPL ini.

“PT TPL sudah banyak memberikan bantuan dan salah satunya bantuan pipa ini yang memiliki manfaat besar bagi kehidupan masyarakat Kecamatan Parlilitan. Saya mengapresiasi setinggi tingginya bantuan ini yang saya rasa sangat  tepat menyentuh masyarakat,” ujarnya. “ Kami masyarakat desa Simataniari akan menadakan rapat untuk menjaga kelestarian pipa bantuan TPL ini” terang Jamintar.