PT. TPL, Tbk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Lewat Budidaya Lebah Madu

PT. Toba Pulp Lestari, Tbk Bersama KNPI Parmaksian Gelar Lari 10K Peringati Hari Sumpah Pemuda
28 Oktober, 2017
PROGRAM Pemberdayaan Masyarakat PT TPL KEMBALI BANTU TINGKATKAN KECERDASAN 900 ANAK BANGSA
10 November, 2017
Show all

25 Oktober 2017 – PT. Untuk meningkatkan sumber daya bagi masyarakat Kecamatan Lumbanjulu, Toba Pulp Lestari, tbk (TPL)  melaksanakan pelatihan budi daya lebah madu selama 2 hari di Desa Aek Natolu Jaya, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Rabu, 25 Oktober 2017 dengan menghadirkan Saiden Simanjuntak seorang professional pengembudidayaan lebah madu sebagai pelatih.

Saiden mengatakan Kecamatan Lumban Julu sangat berpotensi untuk pengembangan lebah madu dengan tersedianya pakan lebah seperti tanaman kaliandra, tanaman kayu, dan tanaman holtikultura. “Pasarnya ada dan stabil namun kurangnya pengetahuan dan alat beternak lebah madu menjadi penghambat berkembangnya budidaya ini” ujar Saiden.

Menurut Saiden, pelatihan ini sangat bagus karena para peternak lebah madu mendapat pengetahuan yang sangat bermanfaat dalam bidang budidaya lebah madu.

Sementara Ramida Siringoringo Manager Pemberdayaan Masyarakat TPL berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat. “ TPL melihat kurangnya pengetahuan dan alat menghambat petani lebah madu untuk berkembang, saat ini perusahaan coba memfasilitasi pelatihan dan alat petani madu agar tidak ada lagi hambatan untuk berkembang “ ujar Ramida.

Lebih lanjut Ramida mengemukakan dengan kiranya pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta pelatihan agar potensi lebah madu di kecamatan Lumbanjulu dapat berkembang dengan baik dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Acara yang dilaksanakan di salah satu rumah warga peserta pelatihan ini turut juga dihadiri pihak pemerintahan Kab. Toba Samosir.

Tiarma Sinurat dari dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UMKM mengapresiasi kegiatan pelatihan dari TPL ini. “ Yang dilakukan TPL ini sangat membantu program pemerintah dan sungguh tepat sasaran serta bukan yang pertama kalinya, kami merasa sangat terbantu akan kegiatan yang dilaksanakan TPL ini dan sangat mengapresiasi perhatian TPL kepada pengembangan perekonomian di Kabupaten Toba Samosir”.

Acara yang dibuka oleh Manajer Community Development (Pengembangan Masyarakat) PT.TPL, Ramida Siringoringo ini juga diikuti masyarakat dari Desa Taon Marisi kecamatan Silaen serta kepala desa Aek Natolu dan Polsek Lumbanjulu. Selain pelatihan TPL juga memberikan bantuan alat kepada peternak madu seperti Baju Panen Madu 8 set, Pisau Panen Madu 8 Pcs. Sikat Pembersih sarang lebah 8 Pcs, Kotak Lebah Madu 120 Pcs, Alat pengaman Ratu 8 Pcs, Smoker 8 Pcs, sikat pembersih sarang lebah 8 Pcs, serta botol, tutup botol dan stiker label botol sebanyak 500 set.

Sebelum ini di kecamatan Lumbanjulu, dibulan oktober, TPL juga melaksanakan pelatihan keripik pisang Toba.